Thursday, November 26, 2020

Ganti CCTV ke IP Camera

 


CCTV kini telah mulai ditinggalkan. Banyak orang mulai beralih menggunakan ip camerahikvision. Alasannya adalah karena IP Camera memiliki lebih banyak keunggulan. Meskipun sama – sama digunakan untuk memantau kondisi sekitar, namun sebenarnya ada perbedaan yang banyak dari kedua jenis kamera tersebut.

Perbedaan CCTV dan IP Camera

CCTv sesuai namanya yaitu closed-circuit television hanya mengandalkan sinyal analog untuk mentransmisi video ke receiver. Jadi, prinsip kerjanya adalah kamera analog merekam gambar dan mengirimkannya melalui kabel ke DVR. Barulah DVR akan mengubah sinyal analog yang dikirim menjadi sinyal digital untuk disimpan dalam hardisk. Nantinya, video bisa dilihat melalui monitor yang tersambung ke DVR.

Berbeda dengan ip camera outdoor hikvision dimana sesuai namanya (Internet Protocol) maka kamera ini mengandalkan sinyal internet untuk merekam gambar. Jika CCTV menggunakan DVR, IP Camera menggunakan NVR (Network Video Recording). NVR ini yang akan mengubah sinyal menjadi digital.

Keunggulan IP Camera

keunggulan dari ip camera outdoor hikvision jika dibanding dengan CCTV adalah tentunya dari segi efisiensi ruang. Jika Anda hanya memasang satu cctv mungkin tidak akan terlalu terlihat perbedaannya. Kamera CCTV mengandalkan kabel untuk mengirim sinyal sehingga akan ada banyak space yang digunakan untuk memasang kabel. Sedangkan IP camera hanya mengandalkan internet sehingga lebih menghemat ruang.



untuk segi kualitas video, IP Camera memiliki kualitas yang jauh lebih baik. Sebagai gambaran, CCTV memiliki resolusi sekitar 720 X 575. Sedangkan IP Camera memiliki HD Full resolution (1080p) hingga 4 K. namun untuk menghemat bandwith, Anda juga bisa menurunkan resolusi hingga terendah sekitar 720 X 480. Daya jangkau ip camera outdoor hikvision juga lebih luas dibandingkan dengan CCTV. Sehingga, IP Camera dapat menangkap gambar pada area yang lebih banyak lagi. 

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa CCTV memiliki daya jangkau pandangan lebih sedikit dibandingkan dengan IP Camera, maka jika Anda menggunakan CCTV maka Anda perlu memasang lebih banyak. Sedangkan jika menggunakan IP Camera, jumlah kamera yang Anda butuhkan akan lebih sedikit. Kelemahan dari CCTV adalah karena membutuhkan banyak kamera pada area yang luas, maka Anda juga perlu lebih dari satu DVR. Karena DVR memiliki kapasitas menampung kamera.

Jika CCTV hanya bisa dilihat melalui monitor yang harus disambungkan pada DVR, IP Camera tidak memerlukan itu. IP Camera hanya perlu menggunakan NVR. Bahkan kini ada IP Camera yang tidak memerlukan NVR melainkan menggunakan Wifi. Hanya saja, dari segi harga, IP Camera memiliki harga lebih tinggi dibandingkan dengan CCTV. 

Namun dengan harga yang tinggi, tentu keuntungan yang didapat akan jauh lebih banyak. Karena tidak memerlukan banyak kamera seperti CCTV, maka Anda bisa menghemat biaya. Juga dengan kualitas yang jauh lebih baik tidak ada salahnya Anda beralih ke IP Camera. 

No comments:

Post a Comment

Manfaat dan Harga CCTV Hikvision Outdoor

Hikvision adalah perusahaan teknologi CCTV yang menghasil produk terbaik. Harga CCTV Hikvision outdoor cukup beragam, Anda hanya perlu meny...