Saturday, November 21, 2020

Faktor-faktor Penyebab Video Loss pada CCTV dan Cara Mengatasinya

 


Semahal apa pun harga DVR Hikvision 8 channel yang dibayar, risiko gangguan atau kerusakan akan tetap mengintai. Salah satu kendala yang kerap dialami pada CCTV dengan DVR adalah video loss atau hilangnya gambar pada monitor HikvisionCCTV. Alhasil kejadian yang dipantau dengan CCTV bersangkutan tak akan tersimpan di dalam DVR.

Lalu, apa saja faktor penyebab video loss yang terjadi pada CCTV?

  • Power supply mati mendadak

Anda pasti kesal mengalami video loss setelah membeli CCTV dengan harga DVR Hikvision 8 channel yang cukup mahal. Dalam hal ini, periksa dulu power supply atau adaptor yang menjadi sumber listrik perangkat. Jika penyebabnya datang dari sini, Anda dapat periksa kondisinya memakai alat bernama Avometer. Namun kalau power supply sudah rusak, sebaiknya Anda ganti dengan yang baru agar CCTV maupun DVR berfungsi seperti semula.

  • CCTV mengalami gangguan/kerusakan

Power supply tak bermasalah? Ada kemungkinan CCTV yang mengalami gangguan. Hal ini bisa terjadi karena infrared hanya menyala di malam hari, sehingga akan otomatis mati begitu memasuki waktu pagi atau siang hari. Kalau Anda tak mau merugi setelah membayar harga DVR Hikvision 8 channel, manfaatkan garansi yang diberikan untuk mendapatkan CCTV baru atau potongan harga apabila kamera hanya perlu diperbaiki.

  • DVR mengalami masalah

Penyebab lainnya yang mengakibatkan video loss adalah masalah pada DVR. Kalau perangkat ini mati, maka seluruh sistem pada CCTV otomatis tak akan berfungsi. Seperti poin sebelumnya, Anda yang belum berpengalaman menangani DVR rusak sebaiknya membawa perangkat ke tempat servis dengan memakai garansi.  Jadi biaya yang harus disiapkan tak akan sebesar harga DVR Hikvision 8 channel yang Anda keluarkan sebelumnya.



  • Konektor/port sudah terlalu tua

Komponen lainnya yang kadang menimbulkan video loss adalah konektor atau port yang sudah terlalu tua. Dengan kata lain, Anda harus menggantinya dengan yang baru, terutama bila komponen lain seperti DVR, CCTV, kabel, dan power supply masih bekerja dengan baik. Namun, kalau paket CCTV yang dibeli masih baru, ada kesempatan untuk memperbaiki konektor atau port dengan membawanya ke tempat servis resmi.

  • Kabel CCTV aus atau putus

Kabel CCTV aus atau putus termasuk salah satu penyebab video loss yang sering terjadi. Ada beberapa kemungkinan yang berpotensi merusak kabel, antara lain tak sengaja terpotong, digigit hewan seperti tikus, hingga penempatan perangkat yang kurang sesuai. Ada juga yang kurang beruntung mendapat kabel bermutu rendah karena tergoda harga DVR Hikvision 8 channel yang miring. Ada baiknya ganti dengan yang baru untuk menekan risiko.

Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini Anda tak lagi panik mengahadapi video loss pada CCTV!

No comments:

Post a Comment

Manfaat dan Harga CCTV Hikvision Outdoor

Hikvision adalah perusahaan teknologi CCTV yang menghasil produk terbaik. Harga CCTV Hikvision outdoor cukup beragam, Anda hanya perlu meny...