Saturday, November 21, 2020

Bingung Pilih Kamera CCTV? Kenali Dulu 8 Jenisnya Ini, Yuk!

 


Memasang kamera CCTV seperti IP camera Hikvision 2MP akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan keamanan di area gedung, kantor, gudang, maupun hunian sekalipun. Dan di pasaran sendiri, Anda bisa temukan beberapa jenis kamera CCTV dengan fitur maupun opsi yang berbeda-beda, yang juga bisa ditemukan pada Hikvision CCTV. Apa saja ya jenis-jenisnya?

  1. Kamera CCTV dome. Jenis kamera CCTV ini paling umum dipasang untuk keamanan indoor dan pemantauan. Namanya sendiri berasal dari bentuknya yang seperti kubah (dome), atau tepatnya bentuk housing yang mewadahi kameranya agar kamera tidak mudah dirusak, tidak nampak mengganggu, tapi juga tidak sepenuhnya tersembunyi. Karena itu, pemasangannya paling umum ditemukan di dalam toko swalayan maupun ritel. Apalagi, kubahnya membuat orang-orang tidak bisa melihat jelas ke arah mana kamera membidik.
  2. Kamera CCTV peluru. Jenis yang satu ini punya bentuk panjang, silinder, dan mengerucut di salah satu ujungnya – mirip seperti peluru (bullet). Pemasangannya umum dilakukan di area yang membutuhkan pemantauan jarak jauh dan fungsinya difokuskan untuk menangkap kamera dari lokasi tetap dan mengarah ke area tertentu.
  3. Kamera CCTV c-mount. Untuk jenis yang satu ini, kamera CCTV dilengkapi lensa lepas-pasang yang dapat dipilih sesuai dengan aplikasi dan kebutuhan. Lensa CCTV standarnya hanya bisa menjangkau jarak antara 10-12 meter. Tapi, dengan kamera CCTV c-mount, Anda bisa menggunakan lensa khusus yang bisa menjangkau area lebih luas.
  4. Kamera CCTV day/night. Jenis kamera CCTV ini dapat dioperasikan di bawah penerangan yang cukup maupun dalam kondisi penerangan minim, sehingga cocok dipasang untuk pemantauan di area outdoor. Apalagi, kamera CCTV day/night ini tidak dilengkapi dengan pencahayaan infrared.


  1. Kamera CCTV night vision (infrared). Sementara itu, kamera CCTV night vision ini punya kemampuan untuk melihat di dalam kondisi yang benar-benar gelap (pitch black) karena adanya infrared LED. Pemasangannya pun ideal untuk kondisi outdoor, di mana pencahayaannya buruk atau tidak ada pencahayaan sama sekali.
  2. Kamera CCTV IP (network). Untuk jenis kamera CCTV ini, Anda bisa temukan tipe yang wireless (nirkabel) maupun berkabel. Tapi, apapun tipenya, semuanya sama-sama punya fungsi untuk mengirimkan gambar yang ditangkap melalui internet dan disimpan di ruang penyimpanan yang telah ditentukan. Dibandingkan kamera analog, kamera IP ini lebih mudah dipasang karena tidak membutuhkan kabel tambahan untuk sumber tenaga atau untuk mengirimkan gambar dari jarak jauh.
  3. Kamera CCTV wireless. Ada juga kamera wireless yang bukan kamera IP. Tapi, keunggulannya juga sama, yaitu fleksibilitas dalam pemasangan.
  4. Kamera CCTV HD (high-definition). Sementara itu, jenis yang ini biasanya digunakan di tempat-tempat tertentu saja, seperti bank. Sebab, kamera CCTV HD punya fitur zoom in yang benar-benar jelas sehingga kualitas gambar sama sekali tidak akan pecah.

Itulah beberapa jenis kamera CCTV yang umum ditemukan di pasaran. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

No comments:

Post a Comment

Manfaat dan Harga CCTV Hikvision Outdoor

Hikvision adalah perusahaan teknologi CCTV yang menghasil produk terbaik. Harga CCTV Hikvision outdoor cukup beragam, Anda hanya perlu meny...