Saturday, November 21, 2020

Rekomendasi Lokasi Pemasangan Kamera CCTV di Rumah, Mana Saja?

 


Ketika Anda akan memasang kamera CCTV di rumah, seperti Hikvision CCTV, penting juga bagi Anda untuk memutuskan di mana tepatnya lokasi pemasangannya. Dengan begitu, fungsi utama dari kamera CCTV pun dapat terpenuhi dengan baik.

Nah, bagi Anda yang sudah berencana untuk membeli dan memasang Hikvision CCTV 5 megapixel, berikut ini adalah beberapa lokasi pemasangan kamera CCTV yang direkomendasikan di rumah Anda. Di mana saja, ya?

  1. Pintu depan. Lokasi ini barangkali sudah Anda pastikan membutuhkan pengawasan lebih dengan memasang kamera CCTV di sini. Apalagi, pintu depan sebenarnya merupakan rute paling jelas bagi para pelaku kejahatan untuk masuk ke dalam rumah Anda. Meski begitu, Anda juga perlu cermat dalam menentukan titik pemasangan kamera CCTV untuk mengawasi pintu depan, terutama agar kamera CCTV tidak dirusak. Misalnya dengan memasang cangkang berkawat sebagai pelindung kamera, atau memasang kamera di lantai dua dengan fokus mengarah ke pintu depan.
  2. Pintu samping dan belakang. Tak hanya pintu depan saja, segala jalan masuk ke dalam rumah Anda pasti dipandang sebagai jalur potensial bagi para pelaku kejahatan untuk mengakses hunian Anda. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki jalan masuk samping atau belakang, pastikan Anda juga memasang kamera CCTV pada titik-titik tersebut. Terapkan pula tips pemasangan pada poin pertama di atas untuk mencegah pengrusakan kamera. Di samping itu, pilih material pintu yang kuat dan kokoh untuk meminimalisir risiko rumah kebobolan.
  3. Jendela. Selain pintu, perhatikan pula jendela rumah Anda, terutama jendela yang tidak menghadap langsung ke jalan. Sebab, jendela seperti ini dianggap menarik oleh pelaku kejahatan karena tidak terlihat oleh orang lain atau tetangga.


  1. Garasi. Banyak orang yang tidak beranggapan bahwa garasi juga perlu diawasi, padahal sebenarnya garasi juga merupakan salah satu akses umum bagi para pelaku kejahatan. Oleh karena itu, terlepas dari apakah garasi Anda menyimpan barang berharga atau tidak, penting untuk menjaga garasi aman dan terawasi. Anda bisa pasang kamera CCTV menghadap area garasi di luar untuk menemukan tanda-tanda aktivitas mencurigakan, maupun di dalam garasi.
  2. Bagian dalam rumah. Kurang tepat rasanya jika kamera CCTV dinilai hanya perlu dipasang di luar saja. Padahal, Anda juga bisa tingkatkan keamanan rumah dengan memasang kamera CCTV di dalam. Contohnya memasang CCTV di ruang tamu, dengan lensa mengarah ke pintu maupun jendela. Dengan begitu, jika ada pelaku kejahatan masuk ke dalam rumah, kamera pun bisa merekam kejadian tersebut, termasuk wajah pelaku untuk identifikasi tersangka dengan lebih mudah.

Tentunya, kelima titik di atas bukanlah aturan baku dalam penentuan lokasi pemasangan CCTV. Sebab, semua tentu akan kembali ke kebutuhan Anda masing-masing. Meski begitu, semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam memaksimalkan fungsi kamera CCTV di rumah secara optimal, ya!

No comments:

Post a Comment

Manfaat dan Harga CCTV Hikvision Outdoor

Hikvision adalah perusahaan teknologi CCTV yang menghasil produk terbaik. Harga CCTV Hikvision outdoor cukup beragam, Anda hanya perlu meny...